Ilmu Ukur Tanah

Assalamualaimu Wr. Wb,

Di postingan pertama saya ini, saya mau sharing mengenai Ilmu Ukur Tanah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kalian yg membutuhkannya. Saya akan bahas Basic Ilmu Ukur khususnya untuk Juru Ukur ya. Insha Alloh step by step saya akan share, walaupun Ilmu saya belum seberapa. Mudah-mudahan dari kalian yg Ilmunya lebih dari saya bisa menambahkan atau membetulkan jika ada postingan saya yg kurang tepat.

Kita belajar bareng-bareng ya, langsung saja yuk.

Ilmu Ukur Tanah

Ada 2 jenis survey, Plane dan Geodetic Surveying :

Plane Surveying

  • Permukaan bumi dianggap datar dan mengabaikan bentuk kelengkungan bumi
  • Semua garis dan segitiga dianggap datar dan lurus
  • Untuk area terbatas
  • Akurasi lebih Rendah 

Geodetic Surveying

  • Kelengkungan bumi diperhitungkan
  • Garis segitiga diperhitungkan dengan faktor kelengkungan
  • Untuk area yang luas
  • Akurasi tinggi


Cabang Ilmu Geodesi

Ada 4 cabang ilmu geodesi yang penting walaupun saling overlap :

1. Survei Geodesi (Geodetic Surveying)

  Survei ini meliputi daerah yang mencakup skope nasional bahkan meliputi pengukuran ukuran-ukuran bumi. Survei ini termasuk Geodesi tinggi, daerah yang tercakup melebihi luas 55 x 55 km2, dimana bidang proyeksi bukan lagi di bidang datar tetapi pengaruh lengkung bumi perlu diperhatikan. Titik yang diukur misalnya titik triangulasi ditentukan dengan ketelitian sangat tinggi. Titik ini penting untuk titik kontrol bagi survei-survei pada geodesi rendah. Survey ini biasanya dimaksud untuk peta dasar nasional.

2. Survei Topografi (Topographical Surveying)

   Survei ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran bentuk permukaan bumi, baik kenampakan fisikal (natural features) maupun kenampakan kultural (artifical feature). Daerah yang tercakup tidak melebihi jarak 55 x 55 km2, sehingga pengaruh lengkung bumi sudah tidak begitu diperhatikan. Survei ini termasuk geodesi rendah, posisi relatif pengukuran horizontal dan vertikal dapat dibaca dari peta.
   
3. Survei Kadaster (Cadastral Surveying)

   Survei Kadaster digunakan untuk menentukan batas-batas hak milik perseorangan, tanah-tanah milik negara dan batas-batas desa dan biasanya mencakup daearah sempit.

4. Survei Bidang Teknik (Engineering or Site Surveys)

   Survei bidang teknik dilaksanakan untuk menentukan posisi dalam rencana bagan dari proyek, jadi disini dibutuhkan data khusus yang dapat dipakai untuk menunjang rencana pembuatan proyek. Survey ini termasuk survei detai antara lain untuk rencana pembuatan saluran irigasi, bendungan, jalan raya, pelabuhan dan sebagainya. Biasanya meliputi daerah sempit di sekitar rencana proyek.
   


Definisi Ilmu Ukur Tanah

Ilmu ukur tanah adalah cabang dari ilmu Geodesi yang khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pegukuran-pengukuran guna mendapatkan peta.
Dalam pengertian yang lebih umum pengukuran tanah dapat dianggap sebagai disiplin yang meliputi semua metode untuk menghimpun dan melakukan  proses informasi dan data tentang bumi dan lingkungan fisis.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengukuran Stake Out dan Perhitungannya